Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 dalam mengklasifikasikan tumbuhan pada mata kuliah taksonomi spermatophyta, 2) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 pada tata nama atau nomenklatur dalam botani sistematika pada mata kuliah taksonomi spermatophyta, dan 3) Kesulitan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2019 dalam mengidentifikasi tumbuhan menggunakan kunci determinasi pada mata kuliah taksonomi spermatophyta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2021 di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan 2 jenis instrumen penelitian yaitu angket dan soal tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 49 mahasiswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas Pendidikan Biologi B dan Pendidikan Biologi C. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar mahasiswa dalam mengklasifikasikan tumbuhan dikategorikan rendah dan sedang dengan hasil angket 39,59% dan soal tes 41,16%, tingkat kesulitan mahasiswa dalam menggunakan tata nama atau nomenklatur dikategorikan rendah dengan hasil angket 37,96% dan soal tes 38,78%, dan tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan menggunakan kunci determinasi dikategorikan sedang dengan hasil angket 41,22% dan soal tes 42,18%.