Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan pada materi sistem pertahanan tubuh manusia tergolong rendah, hal ini lah yang menjadi latar belakang peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia yang ditinjau dari aspek kognitif, aspek indikator pembelajaran dan faktor penyebab. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan. Sampel penelitian ini diambil secara purpossive sampling sebanyak 71 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif dengan jumlah rata-rata 50,68% dengan kategori sedang; (2) kesulitan belajar pada indikator pembelajaran soal pada materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia dengan jumlah rata-rata 49,67% yang dikategorikan Sangat Tinggi; (3) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal dan aspek eksternal. Faktor internal yang paling menghambat belajar siswa terdapat pada faktor kesehatan siswa dan faktor eksternal yang sangat menghambat belajar siswa terdapat pada faktor guru.