Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan literasi sains mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2018 Universitas Negeri Medan pada mata kuliah Fisologi Tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di UNIMED pada bulan Mei-Juli 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 sampel yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur kemampuan literasi sains mahasiswa, observasi untuk melihat kemampuan literasi sains mahasiswa pada tugas mini riset mata kuliah Fisiologi Tumbuhan yang telah dikerjakan, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian yang di peroleh yakni pada indikator 1 termasuk kategori tinggi yaitu 66,41%, indikator 2 termasuk rendah yaitu 55,29%, indikator 3 termasuk rendah yaitu 59,02%, indikator 4 kategori rendah yaitu 55,18%, indikator 5 termasuk tinggi yaitu 63,73%, indikator 6 termasuk rendah yaitu 56,18%, dan indikator 7 yaitu 62,13% dengan kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2018 pada mata kuliah fisiologi tumbuhan di Universitas Negeri Medan masih terkategorikan rendah.