EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED PADA MATAKULIAH MIKROTEKNIK SELAMA PERIODE PANDEMI COVID-19 2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini betujuan untuk mengetahui cara dosen menyelenggarakan pembelajaran daring, efektivitas pembelajaran daring dan kendala yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode survei, jenis penelitian campuran yaitu kuantitatif untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dan kualitatif untuk mengetahui cara dosen menyelenggarakan pembelajaran daring serta kendala mahasiswa selama pembelajaran daring. Responden penelitian berjumlah 148 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran yang digunakan dosen yaitu penugasan kelompok (35,5%), penugsan individu (31,8%), teleconference dan kuis (21,7%) dan teleconference (11%) dengan menggunakan aplikasi yaitu zoom meeting(32,5%), SIPDA (26%), WA Grup (25,7%) dan google classroom (15,8%). Bentuk materi pembelajaran yang disajikan dosen yaitu dengan powerpoint (38,3%), bahan bacaan/artikel atau jurnal (33,4%), video pembelajaran (14,3%) dan e-book (14%). Pembelajaran daring mahasiswa pendidikan biologi FMIPA Unimed matakuliah mikroteknik termasuk efektif (72,86%). Berdasarkan kompetensi predikat Rektor Unimed, kompetensi yang dicapai nilai kelas A sampai kelas E termasuk kompeten dengan nilai rata-rata 87,11. Untuk mengetahui hubungan efektivitas pembelajaran daring dengan nilai mahasiswa dilakukan uji regresi. Hasil yang diperoleh yaitu Fhitung (0,35 < Ftabel (1,48) yang berarti terdapat hubungan yang linier antara efektivitas dengan nilai mahasiswa sehingga semakin tinggi efektivitas maka semakin tinggi nilai hasil belajar. Kendala yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring yaitu menghabiskan banyak kuota (53%), kesehatan menurun (22,70%), tidak ada uang membeli paket (18,2%) dan tidak ada alat elektronik (6,1%).