Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor internal dan eksternal mahasiswa pendidikan biologi stambuk 2017 UNIMED dan seberapa besar pengaruh faktor internal dan eksternal mempengaruhi penulisan skripsi.Jenis penelitian ini adalah Deskripsi kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa jurusan pendidikan biologi stambuk 2017 dan alumni pendidikan biologi universitas negeri medan. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yang terdiri dari 186 mahasiswa dan 20 orang alumni tahun 2016, 2015 dan 2014. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan melakukan wawancara.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penghambat mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi adalah kesulitan memilih judul 77,21%, kesulitan dalam membuat identifikasi masalah 79%, membuat latar belakang 78%, menemukan ruang lingkung 68%, merumuskan permasalahan 67,68%, membuat batasan masalah 65,13%, membuat tujuan penelitian 56,97%, merumuskan manfaat penelitian 59,18%, membuat definisi operasional 66,83%, membuat landasan teori 73,97%,menentukan populasi dan sampel 63,94%, menentukan desain dan variabel 74,48%, membuat instrumen penelitian 83,67%, menentukan teknik pengumpulan data 77,21 %, membuat prosedur penelitian 70,4%, menentukan analisis data 84,18%, mendeskripsikan data 82,48%, membuat kesimpulan dan saran 66,83%, kesulitan dalam menggunakan komputer 55,78%, jarang menjumpai dosen 53,74%, kesulitan menemukan referensi 70,06%, melaksanakan kegiatan lain 60,2%, kesulitan menentukan struktur penulisan skripsi 73,29%, jarang dimotivasi orangtua 53,23%, kekurangan dana 62,75%, mengalami kelalaian waktu 76,7%, merasa pening saat didepan komputer 79,76%, badan kelelahan 69,89% dan kesulitan menemukan tempat penelitian 75%. Rata-rata keseluruhan adalah 69,88% dalam kategori menghambat.