Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada materi sistem pernapasan manusia. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan instruksional 4D dengan tahapan meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Desain, Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Guru Biologi, Siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM yang dikembangkan berdasarkan penilaian Ahli Desain diperoleh persentase sebesar 94,04% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli materi diperoleh persentase sebesar 86,53% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian ahli pembelajaran sebesar 89,28% dengan kriteria sangat layak. Respon guru biologi terhadap LKPD berbasis STEM yang dikembangkan mendapatkan tanggapan positif dengan persentase sebesar 94,23% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap LKPD berbasis STEM yang dikembangkan mendapatkan tanggapan positif dengan persentase sebesar 89,74% dengan kriteria baik. Hasil ketuntasan belajar klasikal dari penggunaan LKPD berbasis STEM yang dikembangkan diperoleh persentase sebesar 81,81% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 27 orang.