A COMPARISON OF THE STUDENTS’ LEARNING RESULTS BETWEEN USING GOOGLE CLASSROOM AND WHATSAPP GROUP IN ANIMAL KINGDOM MATERIALS GRADE X MIA SMA NEGERI 10 MEDAN ACADEMIC YEAR 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa yang menggunakan Google classroom dan siswa yang menggunakan WhatsApp Group pada materi Dunia Hewan. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Experiment Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Medan yaitu sebanyak 3 kelas. Sampel yang digunakan berjumlah 72 siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Google Classroom lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran WhatsApp Group dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 2.568 > 2.028, pada taraf 0,05. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes sebesar 81.11. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar 75,97. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai postes siswa mencapai KKM.