Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning berbasis android pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak serta menguji kelayakan mobile learning yang dihasilkan melaui validasis ahli, uji coba lapangan dan uji keefektifan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D), menggunakan model Borg and Gall. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa (1) aspek panduan dan informasi mobile learning dinilai layak dengan rata-rata 4; (2) aspek kinerja program dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,3; (3) aspek sistematika/estetika dan prinsip reka bentuk dinilai layak dengan rata-rata 3,9. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa; (1) aspek panduan dan informasi dari mobile learning dinilai sengat layak dengan rata-rata 4,75; (2) aspek konten/materi multimedia dinilai sangat layak dengan rata-rata4,8 dengan dan (3) aspek evaluasi dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,8 dengan persentase 96%. Hasil respon guru fisika SMA Al-Ma’shum Kisaran yaitu baik dengan rata-rata 4 dengan. Berdasarkan hasil uji lapangan pada kelompok kecil, mobile learning yang dikembangakan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,2. Hasil uji lapangan pada kelompok besar, mobile learning berbasis android yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,3. Tingkat keefektifan mobile learning berbasis android berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain diperoleh 0,74 dengan ketegori sangat baik. Dengan demikian mobile learning berbasis android pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak untuk kelas X SMA memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.