Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan pendekatan 4D yang perpanjangan dari Define,Design,Develop, Dissemination. Tujuannya ialah mengembangkan instrumen tes untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah siswa. Pengumpulan data yang dilakukan melalui validasi teoritik dan validasi secara empiric. Validasi teoritik dilakukan oleh tiga orang pakar/ahli yang menilai instrument yang dikembangkan kemudian dilakukan validasi empirik (ujicoba lapangan) kepada peserta didik. Indikator keterampilan pemecahan masalah siswa yang diteliti meliputi memahami masalah, perencanaan, penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. Hasil persentase menunjukkan bahwa hasil validasi secara teoritik dikategorikan valid. Pada tahap validasi secara empirik dilakukan ujicoba sebanyak dua kali. Dimana pada ujicoba pertama 9 butir valid dam 1 butir invalid. Realibilitas instrumen sebesar 0,915868. Sementara pada ujicoba kedua terdapat 9 butir valid dan 1 butir invalid dengan reabilitas instrument sebesar 0,82686.