PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan. Populasi dalam penelitian adalah kelas VII terdiri dari ±340 siswa yang tersebar dalam 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII Terpadu 1 dan VII-1 yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah melalui Purposive Sampling yaitu dengan melakukan pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dari peneliti. Instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Ketiga instrumen tersebut telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika, dan untuk tes kemampuan komunikasi matematis juga telah divalidasi dengan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution). Peneliti menggunakan uji regresi linear sederhana. Pada uji normalitas diperoleh signifikansi 0,092 > 0,05 maka data berdistribusi normal. Pada uji regresi dilakukan uji keberartian dan uji linearitas. Hasil uji keberartian, didapatkan Fhitung (14,59) > Ftabel (4,17) maka disimpulkan koefisien regresi berarti. Hasil uji linearitas, didapatkan signifikansi 0,242 > 0,05 maka terdapat hubungan yang linear. Untuk uji hipotesis dengan aplikasi SPSS, didapatkan signifikansi yaitu 0,001 < 0,05, dan pada pengujian dengan perhitungan manual, didapatkan nilai rhitung (0,572) > rtabel (0,349) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Selanjutnya, cara yang dilakukan peneliti yaitu dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, peneliti menerapkan tahapan dalam model Discovery Learning dalam LKPD, yang selanjutnya pada beberapa tahapan tersebut, mengandung ketiga aspek komunikasi matematis.