Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran mobile learning menggunakan ispring suite 9 berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan kriteria layak; (2) menghasilkan media pembelajaran mobile learning menggunakan ispring suite 9 berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan kriteria praktis; (3) menghasilkan media pembelajaran mobile learning menggunakan ispring suite 9 berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan kriteria efektif. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sidikalang dan objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran mobile learning menggunakan ispring suite 9 berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran mobile learning menggunakan ispring suite 9 berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) layak berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 81,5% dan ahli media sebesar 89,58% ; (2) media pembelajaran mobile learning menggunakna ispring suite 9 berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) praktis berdasarkan angket respon guru sebesar 79,05% dan angkert respon peserta didik sebesar 83,56% ; (3) media pembelajaran mobile learning menggunakan ispring suite 9 berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan rata-rata nilai 80,5.