PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII MTs Tapanuli Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs Tapanuli Utara pada semeter genap T.A 2020/2021 yang berjumlah 18 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi bangun datar segi empat. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) Rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I sebesar 66.32% dengan 44.44% dari 18 orang siswa telah mencapai ketuntasan belajar kemudian meningkat pada siklus II sehingga rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebesar 81.94% dengan 83.33% dari 18 orang siswa telah mencapai ketuntasan belajar.