Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, berupa e-modul yang valid dan layak untuk digunakan pada pembelajaran daring di SMA N 7 Medan, menggunakan penelitian dan pengembangan (reaserch and development). Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Februari-Mei 2021, namun untuk uji lapangan kelayakan penggunaan e-modul yang diberikan pada guru dan siswa di SMA N 7 Medan dilakukan mulai dari Maret-Mei 2021. Metode penelitian ini adalah 4D dari Thiagarajan dkk (1974), yang dibatasi sampai tiga tahapan. Tahapan Penelitian ini adalah menemukan dan menetapkan masalah (define), merancang modul elektronik (design), mengembangkan (develop). E-modul ini dikembangkan dengan aplikasi flip pdf corporate, dengan materi pada e-modul adalah Hukum Newton tentang Gravitasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji validitas oleh ahli materi berada pada rata-rata keseluruhan adalah 3,1 dengan kategori kualitatif sangat valid. Untuk keseluruhan penilaian aspek ahli media berada pada rata-rata 3,4 dengan kategori sangat valid. Uji kelayakan yang diperoleh dari guru dengan rata-rata skor yang diperoleh 3,3 dengan kategori kualitatif sangat layak. Uji kelayakan skala kecil diberikan kepada 10 orang siswa kelas X Mipa 2 di SMA N 7 Medan, memperoleh rata-rata skor 3,2 dengan kategori kualitatif sangat layak. Untuk uji kelayakan terakhir diberikan kepada 30 orang siswa kelas X Mipa 2 di SMA N 7 Medan, dengan rata-rata skor yang diperoleh 3,5 dengan kategori kualitatif sangat layak. Maka dapat disimpulkan e-modul yang dikembangkan, sangat valid dan sangat layak untuk digunakan.