Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Dengan Penerapan Pendekatan STEM

Main Authors: Hutapea, Toberia, Silitonga, Melva
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43889/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43889/
Daftar Isi:
  • Untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan STEM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan penerapan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan STEM. Science, siswa dibimbing untuk mengamati dan menanya sebuah fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tentang organ-organ sistem pencernaan manusia dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Technology, siswa dibimbing untuk mencari tekhnologi yang berkaitan dengan sistem pencernaan makanan pada manusia. Engineering, siswa dibimbing dalam pembuatan poster yang menarik tentang sistem pencernaan pada manusia. Mathematics, mengamati sebuah data dan menarik kesimpulan tentang penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Setelah proses pembelajaran selesai, diberikanlah instrumen soal kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk pilihan berganda. Setelah soal dijawab oleh siswa, soal dikumpulkan. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi ditabulasi dan dicari rata-ratanya kemudian dikategorikan kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tergolong baik (79,70). Penerapan pendekatan STEM dapat diaplikasikan dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.