Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking (HOT) pada materi usaha dan energi yang memenuhi pengujian kelayakan instrument tes yang baik dan respon siswa. Penelitian dilaksanakan dengan model penelitian research and development (R&D) tipe 4D (define, design, development, dan dissemination) di SMA Negeri 1 Kutalimbaru dengan subjek siswa kelas X program MIA. Tahapan penelitian adalah pendefinisian,perancangan, dan tahapan pengembangan dengan melakukan uji coba produk pada kelompok kecil dan kelompok besar serta penyebaran instrumen yang dilakukan dalam ruang lingkup SMA Negeri 1 Kutalimbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes berbasis HOT materi usaha dan energi yang dikembangkan oleh peneliti sudah memenuhi kriteria layak digunakan sebagai instrumen tes hasil belajar. Kelayakan instrumen tes ini didasarkan atas kriteria validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda baik untuk siswa pada uji coba kelompok kecil maupun siswa pada siswa uji coba kelompok besar. Hasil angket respon siswa terhadap soal yang dikembangkan sebesar 93,67% termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa instrument tes berbasis HOT yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan instrument sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur pengetahuan kognitif siswa.