Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan video pembelajaran fisika berbasis STEM pada materi fluida statis sebagai media alternatif pembelajaran online. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) model Borg & Gall dengan teknik pengumpulan data pembagian angket dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 36 orang di SMA Negeri 8 Medan. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa video pembelajaran fisika berbasis STEM sebagai media alternatif pembelajaran online yang dikembangkan tergolong pada kriteria sangat valid berdasarkan hasil dari penilaian kedua validator, dengan rincian validator ahli materi diperoleh skor sebesar 83,5% sedangkan pada aspek penilaian media mendapat perolehan skor 97,9%. Respon guru terhadap kepraktisan video pembelajaran fisika berbasis STEM sebagai media alternatif pembelajaran online diperoleh 86,3% dan hasil uji coba lapangan diperoleh skor sebesar 85%. Kedua penilaian tersebut termasuk dalam kategori sangat praktis.