PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN TIPE WORD SQUARE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Main Authors: Azhara S., Nur Fatimah, Nasution, M. Yusuf
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43873/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43873/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan penelitian dari hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang masih belum mencapai KKM dan perlu ditingkatkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Word Square pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan populasi penelitian seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan terdiri dari 6 Kelas dengan jumlah 189 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu XI MIA 2 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas Talking Stick, dan XI MIA 3 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas Word Square. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Sistem Peredaran Darah. Untuk keseluruhan, model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stickmemiliki hasil (X ̅= 62,34) sedangkan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square memiliki hasil lebih baik (X ̅= 65,46). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = -0,1291 sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 62 dan pada taraf signifikan (α = 0,05), diperoleh harga ttabel = 1,999 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Word Square pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.