PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL ANTIBODI MONOKLONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA
Main Authors: | Paramitha, Ninda, Harahap, Fauziyah |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43871/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43871/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Tutorial Antibodi Monoklonal serta untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan video sehingga nantinya dapat di terapkan pada proses perkuliahan matakuliah Bioteknologi dan layak serta efektif dapat dijadikan sebagai salah satu Sumber Belajar pada Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan maupun keefektifan video berdasarkan dari penilaian yang di berikan oleh beberapa ahli diantaranya: ahli materi, ahli media, dan ahli desain intruksional, serta penilaian oleh dosen matakuliah bioteknologi dan respon yang diberikan oleh mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan stambuk 2017 terhadap video yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan pada 29 Mei hingga 2 Oktober 2020. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Jurusan Biologi yang mengambil matakuliah Bioteknologi di Universitas Negeri Medan dengan penilaian perorangan sebanyak 3 orang, penialain kelompok kecil sebanyak 9 orang, serta penilaian kelompok terbatas sebanyak 1 kelas atau 28 orang mahasiswa. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan sebesar 97,5% materi yang digunakan pada video sangat layak, sebesar 88,122% media pada video sangat layak, sebesar 91,80% desain intruksional pada video sangat layak, penilaian dosen matakuliah bioteknologi terhadap video sebesar 77,77% dan dinyatakan layak, respon mahasiswa terhadap video sebesar 85% dan dikategorikan sangat baik, keefektifan video dapat dilihat dari hasil nilai N-gain sebesar 0,61 dikategorikan efektif. Keseleuruhan Video Tutorial Antibodi Monoklonal sangat layak dan efektif dijadikan sebagai Sumber Belajar mahasiswa.