Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Gerak Kelas XI SMA
Main Authors: | Nur, Miftah Saddatin, Arsad, , Hartati, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43870/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43870/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menghasilkan BioApp: Motions sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan sistem gerak yang valid dan praktis untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D), yang mengadaptasi model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon guru dan siswa. Angket validasi untuk melihat kevalidan BioApps: excretion yang diisi oleh dua validator. Angket respon guru dan respon siswa untuk melihat kepraktisan BioApp: Motions. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai kevalidan BioApp: Motions dari validator yaitu 94,5 (sangat valid). Kepraktisan BioApp: Motions diperoleh rata-rata nilai respon guru sebesar 85,47 (sangat praktis) dan rata-rata nilai respon siswa sebesar 85 (praktis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan BioApp: Motions sebagai media pembelajaran siswa SMA pada materi Sistem gerak memenuhi kriteria valid dan praktis. Kemudian, media pembelajaran ini diimplementasikan di kelas XI SMAN 6 Maros MIA 3 dengan subjek penelitian adalah dua guru biologi dan 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan BioApp: Motions sebagai media pembelajaran siswa SMA pada materi Sistem Gerak memenuhi kriteria valid dan praktis.