Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Gerak Kelas XI SMA

Main Authors: Nur, Miftah Saddatin, Arsad, , Hartati,
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43870/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43870/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghasilkan BioApp: Motions sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan sistem gerak yang valid dan praktis untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D), yang mengadaptasi model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Pengumpulan data menggunakan angket validasi dan angket respon guru dan siswa. Angket validasi untuk melihat kevalidan BioApps: excretion yang diisi oleh dua validator. Angket respon guru dan respon siswa untuk melihat kepraktisan BioApp: Motions. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai kevalidan BioApp: Motions dari validator yaitu 94,5 (sangat valid). Kepraktisan BioApp: Motions diperoleh rata-rata nilai respon guru sebesar 85,47 (sangat praktis) dan rata-rata nilai respon siswa sebesar 85 (praktis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan BioApp: Motions sebagai media pembelajaran siswa SMA pada materi Sistem gerak memenuhi kriteria valid dan praktis. Kemudian, media pembelajaran ini diimplementasikan di kelas XI SMAN 6 Maros MIA 3 dengan subjek penelitian adalah dua guru biologi dan 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan BioApp: Motions sebagai media pembelajaran siswa SMA pada materi Sistem Gerak memenuhi kriteria valid dan praktis.