Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Protista Menggunakan Tes Diagnostik Dua Tingkat
Main Author: | Sihombing, Malin Sonia Gira |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43869/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43869/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan belajar siswa kelas X IPA pada materi protista menggunakan tes diagnostik dua tingkat dan faktor- faktor penyebab utamanya. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi seluruh SMA Negeri yang ada di Kabupaten Deli Serdang berjumlah 20 sekolah. Sampel diambil secara purposive sampling berjumlah 5 sekolah. Teknik pengumpulan data adalah instrumen tes diagnostik berganda dua tingkat (two-tier multiple choice) dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar kategori miskonsepsi tertinggi pada indikator menjelaskan ciri-ciri morfologi protista, dan tidak paham tertinggi pada indikator menganalisis dasar pengelompokkan protista. Faktor-faktor utama penyebab kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor sarana dan prasarana pada aspek kegiatan praktikum serta faktor keabstrakan dari materi protista.