PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 15 MEDAN TP. 2019/2020

Main Authors: Simanjuntak, Jesika Pratiwi Ulina, Sinaga, Erlintan
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43866/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43866/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM) dengan Mind Mapping pada mata pelajaran biologi materi Sistem Pertahanan Tubuh. Penelitian ini dilakukan di SMA 15 Negeri Medan. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini siswa kelas XI IPA, penelitian ini menggunakan dua kelas sampel dengan total 68 siswa. Kelas pertama diajarkan dengan model Make A Match (MAM) dan kelas kedua diajarkan dengan model Mind Mapping. Nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Make A Match (MAM) adalah 82,02 dengan SD = 4,57, dan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Mind Mapping adalah 85,65 dengan SD = 4,31. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa hasil belajar siswa dikelas Mind Mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa dikelas Make A Match (MAM). Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas melihat, aktivitas mendengar, aktivitas berbicara, dan aktivitas menulis dengan nilai rata-rata aktivitas 79,59 untuk kelas Make A Match (MAM), dan 85,47 untuk kelas Mind Mapping. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa aktivitas dikelas Mind Mapping lebih tinggi dari aktivitas dikelas Make A Match (MAM). Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada model MAM (Make A Match) pada materi Sistem Pertahanan Tubuh.