HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS CRITICAL JOURNAL REVIEW (CJR) DAN CRITICAL BOOK REPORT (CBR) PADA MATAKULIAH TAKSONOMI HEWAN INVERTEBRATA TERHADAP MINAT MEMBACA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Main Authors: Khairani, Intan, Restuati, Martina
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43865/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43865/
Daftar Isi:
  • Dalam sistem penilaian akhir mata kuliah di Unimed terdapat tugas Critical Journal Review dan Critical Book Report. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan tugas Critical Journal Review (CJR) dan Critical Book Report (CBR) terhadap Minat membaca mahasiswa. Metode penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2018 berjumlah 86 mahasiswa. Pengumpulan data dengan angket, analisis data korelasi Kendall’s tau-b dan analisis korelasi berganda dengan variabel Tugas CJR (X1) dan Tugas CBR (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Minat Membaca (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan tugas CBR terhadap minat membaca mahasiswa dengan uji analisis korelasi Kendall’s tau b diperoleh nilai korelasi yaitu 0,82 sehingga terdapat hubungan yang berkorelasi positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 67,6 %. Minat membaca mahasiswa dipengaruhi oleh pelaksanaan tugas CJR. (2) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pelaksanaan tugas CJR terhadap minat membaca mahasiswa melalui uji analisis korelasi Kendall’s tau b diperoleh nilai korelasi yaitu 0,80 sehingga terdapat hubungan yang berkorelasi positif dengan nilai koefisien korelasi 64,2% minat membaca mahasiswa di pengaruhi oleh tugas CBR. (3) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pelaksanaan tugas CJR dan CBR secara bersama-sama pada mata kuliah Taksonomi Hewan Invertebrta terhadap minat membaca mahasiswa dengan nilai signifikansi korelasi antara pelaksanaan tugas CJR (X1) dan CBR (X2) secara bersama-sama terhadap minat membaca (Y) pengujian hipotesis ini menggunakan uji F, dengan nilai F hitung sebesar 123,788 > Ftabel pada taraf signifikansi α = 95% yaitu sebesar 2,71. Maka terdapat korelasi positif dan signifikan antara pelaksanaan tugas CJR dan CBR secara bersama-sama terhadap minat membaca mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2018 di Universitas Negeri Medan