PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN MENGUNAKAN MOODLE PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Learning Dengan Menggunakan Moodle yang memenuhi tingkat kevalidan, tingkat kemenarikan, tingkat keefektifan serta keefisienan media pembelajaran pada materi suhu dan kalor tingkat SMA. Jenis penelitian ini adalah R&D (research and development) dengan model pengembangan menurut Thiagarajaan dengan langkah Define (mendefenisikan), Design (Merancang), Development (Mengembangkan), dan Dissemination (Menyebarkan). Sampel pengujian media dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Negeri 1 Panai Tengah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa media pembelajaran dinyatakan layak dengan hasil validasi ahli materi sebesar 85.5%, validasi ahli media sebesar 93.6%, hasil uji kemenarikan media pembelajaran oleh guru sebesar 86.2%, hasil uji kemenarikan media pembelajaran oleh siswa 89.8% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis butir soal menunjukkan (1) Hasil validitas dari 30 soal ialah 21 soal valid dan 9 tidak valid, (2) Nilai reliabilitas pada soal adalah 0.870 atau reliabel, (3) Tingkat kesukaran pada soal pilihan berganda 6 (30%) soal mudah, 14 (70%) soal sedang, dan (4) Daya beda pada 20 soal pilihan berganda berada pada kriteria baik.