PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA UNTUK KELAS X DI MAN 2 MODEL MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan e-modul untuk mengetahui kelayakan e-modul fisika dengan pendekatan saintifik berdasarkan ahli materi dan ahli media, dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul fisika dengan pendekatan saintifik berdasarka respon peserta didik dan guru fisika, serta untuk mengetahui keefektifan e-modul fisika dilihat dari perolehan uji nilai n-gain berdasarkan pengerjaan soal pretest dan postest. Software yang digunakan untuk mengembangkan e-modul fisika ini adalah AppYet. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D). Model Penelitian yang dikembangkan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh validasi ahli materi dengan persentase rata-rata skor 88% berada pada kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi ahli media dengan persentase rata-rata skor 94% berada pada kategori sangat layak. Kemudian kepraktisan yang dilihat dari persentase skor angket respon peserta didik diperoleh persentase skor kelompok kecil adalah 92%, persentase skor kelompok besar adalah 90%, dan persentase skor guru fisika adalah 94%, sehingga secara keseluruhan e-modul fisika yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan memperoleh persen skor nilai n-gain pada kelompok kecil yaitu 77% dan kelompok besar memperoleh skor nilai n-gain yaitu 77% dengan kategori masing-masing efektif, sehingga dikategorikan e-modul fisika yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.