Pengembangan Video Tutorial Pada Materi Biomassa Sebagai Substrat Bioteknologi sebagai Pendukung Sumber Belajar Mahasiswa

Main Authors: Arifani, Dinda, Harahap, Fauziyah
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43857/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43857/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video tutorial pada Materi Biomassa sebagai Substrat Bioteknologi sebagai Pendukung sumber belajar mahasiswa. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif berupa check list yang dirangkum dalam bentuk tabel skala likert. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang dibatasi hanya 5 tahap. yaitu (1) Langkah-langkah Penelitian dan Pengumpulan Informasi (2) Langkah-langkah perencanaan penelitian (3) Langkah-langkah pengembangan bentuk produk awal (pengembangan konsep produk awal), (4) Langkah-langkah Tes Lapangan Awal (uji coba lapangan awal (5) Langkah-langkah Revisi Produk Utama (hasil revisi uji coba terbatas). Subjek penelitian ini melibatkan 3 dosen ahli, 1 dosen biologi dan mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan (15 mahasiswa). Objek penelitian ini adalah validitas Video Tutorial Bioteknologi pada Materi Pelajaran Materi Biomassa sebagai Substrat Bioteknologi Sebagai Pendukung Sumber Belajar mahasiswa. Penilaian Video Tutorial Bioteknologi oleh ahli materi diperoleh skor 87,5% dengan kategori “sangat layak”, ahli desain 91,6% dengan kategori “sangat layak”. Para ahli pembelajaran 93,75 % dengan category sangat layak. respon dosen bioteknologi 83,3% dengan “layak”. Respon mahasiswa kelompok terbatas mendapat skor 86,6% dalam kategori “sangat baik”. Disimpulkan bahwa penelitian berkembang produk dari Video Tutorial Bioteknologi pada Materi Biomassa Sebagai Substrat Bioteknologi Sebagai Pendukung Sumber Belajar Mahasiswa yang dikembangkan cocok untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa dalam mempelajari Bioteknologi.