Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif pada materi Listrik Arus Searah di SMAN 21 Medan yang memenuhi kriteria persyaratan instrumen tes yang baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model modifikasi Borg & Gall. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas XII MIPA I yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data dari aspek validasi isi instrumen tes oleh tim ahli diperoleh sebanyak 7 butir soal valid dari 8 soal yang dikembangkan. Berdasarkan pengujian lapangan diperoleh Reliabilitas sebesar 0,756 (berada pada kategori tinggi). Pada aspek tingkat kesukaran dari tujuh soal berada pada rentang 0,5-0,8 dimana lima soal berada pada kategori mudah dan dua soal berada pada kategori sedang. Daya pembeda pada instrumen tes ini berada pada rentang 0,028-0,423 dimana dua soal berada pada kategori jelek, tiga soal berada pada kategori cukup, dan dua soal berada pada kategori baik. Hasil uji respon diketahui bahwa sebanyak 83% responden menyatakan setuju instrumen tes ini dikategorikan baik untuk digunakan. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa Instrumen tes yang dikembangkan telah memenuhi syarat instrumen tes yang baik meliputi validitas, uji respon, dan analisis butir soal. Sehingga, instrumen tes layak digunakan untuk melatih dan mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa.