Pengembangan LKPD 3R Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Materi Perubahan Lingkungan SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan
Main Authors: | Sihaloho, Chintia Monika, Manurung, Binari |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43850/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43850/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kelayakan dan Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM yang dikembangkan. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D yaitu: Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli strategi pembelajaran, guru biologi, dan siswa kelas X-3 IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Topik Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM yang dikembangkan adalah perubahan lingkungan. Hasil penilaian Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan ahli materi memperoleh kategori sangat layak (92,70%), ahli strategi (93,75%), guru biologi (92,18%) dan tanggapan siswa (95,31%). Pada tes keefektifan siswa memperoleh nilai Pre-test dengan rata-rata (61,25), setelah penerapan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM siswa memperoleh nilai rata-rata Post-test (83,43). Berdasarkan uji Wilcoxon ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test (Z = 5,07; P = 0,000). Hasil uji N-gain dari pre-test dan post-test diperoleh nilai 0,77 dengan kategori “Tinggi”. Dapat disimpulkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM pada topik perubahan lingkungan yang telah dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kategori tinggi.