Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik Pada Materi Ekosistem

Main Authors: Saputra, Angga Dwi, Prastowo, Puji
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43847/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43847/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan motivasi peserta didik yang dibelajarkan dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Eksperimen Semu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang dipilih secara random sampling dan dibagi ke dalam 2 (dua) kelas berbeda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes hasil belajar tentang materi ekosistem, dan angket yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui motivasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah pada materi ekosistem di kelas eksperimen dikategorikan Tinggi (85,44 ± 5,27). Motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah pada materi ekosistem di kelas eksperimen dikategorikan Sangat Baik (81,03 ± 5,98). Hasil uji statistik menunjukan ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik pada materi ekosistem.