PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL BIOTEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Main Authors: | Harahap, Anggie Arisa Putri, Harahap, Fauziyah |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43846/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43846/ |
Daftar Isi:
- Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar sehingga akan dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi saat ini yaitu video pembelajaran. Penelitian ini melihat kelayakan dan keefektifan berdasarkan penilaian para ahli, diantaranya: ahli media, ahli materi, dan ahli Desain Instruksional serta respon dosen matakuliah bioteknologi dan mahasiswa Biologi Universitas Negeri Medan terhadap video yang telah dikembangkan. Sampel penelitian ini mahasiswa S-1 yang sudah mengambil matakuliah bioteknologi dengan penilaian perorangan 3 orang, kelompok kecil 7 orang, kelompok besar atau terbatas 20 orang. Penelitian video tutorial bioteknologi pada materi teknologi enzim termasuk jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), Pengembangan video pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan atau model pengembangan 4-D. Dimana model 4-D terdiri atas empat tahap, yakni define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 97% materi pada video sangat layak, 85% media pada video sangat layak, 93,33% desain instruksional pada video sangat layak, penilaian dosen matakuliah bioteknologi 71,22% dengan kategori layak, respon mahasiswa pada video tutorial 84,5% dengan kategori, keefektifan video dilihat dari hasil perhitungan N-gain sebesar 0,61 dengan kategori video cukup efektif. Keseluruhan Video Tutorial Bioteknologi yang dikembangkan sudah sangat layak dan cukup efektif untuk dijadikan sebagai sumber belajar mahasiswa.