Pengembangan Model Simulasi Lesson Study di PPL 1 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Khairun

Main Authors: Masúd, Abdu, Nurhasanah, , Haerullah, Ade, Sundari,
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43842/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43842/
Daftar Isi:
  • Mahasiswa calon guru harus memiliki kompetensi profesional, pedagogis, sosial dan personal yang sesuai. Dalam mata kuliah PPL 1 mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai dan menerapkan ilmu Biologi dan pendidikan profesi di bidang microteaching sebagai calon guru Biologi. Lesson study merupakan model pengembangan keprofesian bagi guru dan calon guru agar dapat belajar lebih baik dari pembelajaran yang diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang efektif bagi calon guru siswa agar memiliki kemampuan metakognisi (belajar cara belajar) dalam menyelenggarakan proses pembelajaran melalui Lesson study. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan R&D dengan produk utama video simulasi pembelajaran berbasis Lesson study. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 81% mahasiswa telah memahami filosofi dan teknik pelaksanaan Lesson Study terkini; 79% mahasiswa telah mampu mengimplementasikan plan-do-see; 75% mahasiswa sudah mampu berpikir kritis melalui analisis refleksi dan 83% (valid) nilai validasi media dan ahli Lesson Studies pada produk video simulasi lesson study.