Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri TerbimbingPada Materi Hukum Dasar Kimia Di Sekolah Menengah Atas

Main Author: Dibyantini, Ratu Evina
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: TALENTA Publisher, Universitas Sumatera Utara , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43809/1/Peer%20Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43809/
https://talentaconfseries.usu.ac.id/st/article/view/340/307
Daftar Isi:
  • Penelitianini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi hukum dasar kimia pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP; 3) uji coba modul berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswakelas X SMA Negeri 14 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan TahunAjaran 2016/2017. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1)bahan ajar pada materi hukum dasar kimia pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu kelayakan isi = 3,68; kelayakan bahasa = 3,57; kelayakan penyajian = 3,70; kelayakan kegrafikaan = 3,50 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) uji coba modul berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 80%; (4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing lebih besar dari harga KKM