PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA CAHAYA MEDAN T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan LKPD Fisika kelas XI berbasis discovery learning pada materi Suhu dan Kalor yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan kriteria standar kelayakan BSNP, (2) Mengetahui kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi Suhu dan Kalor yang dikembangkan olehpeneliti menurut guru dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan memodifikasi 4D menjadi 3D Models. Instument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, media, pembelajaran, dan angket penilaian guru serta peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) pengembangan LKPD berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor memperoleh hasil validasi dari ahli materi dengan persentase 87%, ahli media 94% dan ahli pembelajaran 92% dengan masing-masing persentasi tersebut memenuhi kriteria kelayakan BSNP yang termasuk dalam kriteria sangat layak. (2) penilaian peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan memperoleh persentase 87% termasuk dalam kriteria sangat layak kemudian pada uji coba kelompok besar dengan melibatkan 36 responden memperoleh persentase sebesar 82% dengan kriteria sangat layak respon guru bidang studi pada penilaian kepada memperoleh persentase 94% dengan kriteria sangat layak.