META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan meta-analisis yaitu ulasan naratif atau ulasan sistematik dengan cara menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel penelitian ini adalah delapan artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017-2021 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penulisan eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen pada penelitian ini ialah lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi artikel jurnal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan delapan artikel jurnal memiliki rata-rata nilai effect size sebesar 1,25 yang berarti tergolong ke dalam efek besar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dilihat dari segi jenjang pendidikan, wilayah, materi pelajaran, dan jumlah pertemuan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.