Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil analisis keefektifan media pocket book terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. (2) Hasil analisis pengaruh pendekatan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. (3) Kelebihan media pocket book terhadap kemampuan pemahaman matematis. (4) kekurangan media pocket book terhadap kemampuan pemehaman matematis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode penelitian studi kepustakaan (Library Reseacrh) dilakukan di Digital Library Universitas negeri medan dan di Sinta Indonesia. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis didapat bahwa (1) Media pocket book sangat efektif dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman matematis siswa. (2) penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) pada proses pembelajaran terdapat pengeruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, adapun hasil rata-rata besar pengaruh pendekatan matematika realistik yaitu dengan besar pengeruh rata-rata 0,921 terdapat pada kategori sangat besar. (3) kelebihan media pocket book yaitu dapat dapat dipelajari kapan pun dan dimana saja karena mudah dibawa dan penggabungan teks dan gambar mampu meningkatkan daya Tarik dan pemahaman siswa. (4) kelemahan media pocket book yaitu pembuatan waktu yang lama dan membutuhkan tenaga ekstra dari guru.