ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEAN ENDS ANALYSIS (MEA)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis hubungan model pembelajaran Mean Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran Mean Ends Analysis (MEA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dimana peneliti menghimpun dan menganalisis sumber yang berhubungan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan model pembelajaran Mean Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, yang terjadi pada tahap memahami masalah yang dapat dilakukan dengan kegiatan mengelaborasi masalah menjadi sub-sub masalah yang lebih sederhana, tahap merencanakan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan kegiatan menyusun sub-sub masalah yang telah diidentifikasi sehingga saling berkaitan satu dengan yang lain, tahap melaksanakan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan melaksanakan rencana atau strategi yang telah disusun dan tahap pemeriksaan kembali dapat dilakukan dengan melakukan evaluasi pada proses penyelesaian, 2) berdasarkan analisis yang telah dilakukan ditemukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikan pembelajaran Mean Ends Analysis (MEA) dengan kategori sedang dan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Mean Ends Analysis (MEA) dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.