METASINTESIS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
ctrlnum |
43772 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/43772/</relation><title>METASINTESIS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA</title><creator>Syafridah, </creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hasil penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 2) mendeskripsikan metasintesis tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metasintesis, yang diawali dengan mengidentifikasi pertanyaan penelitian, mengembangkan protokol penelitian, menetapkan wilayah pencarian, mengumpulkan hasil penelitian yang relevan, memilih hasil penelitian yang berkualitas, mengekstraksi data dari hasil studi, melakukan sintesis data dengan menggunakan metasintesis, dan terakhir menyajikan hasil dari metasintesis yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua artikel yang dijadikan sumber memberikan hasil yang beragam. Setelah dilakukan metasintesis diperoleh hasil: 1) model pengembangan perangkat yang digunakan oleh sumber adalah model pengembangan 4-D dan model pengembangan Dick & Carey, 2) semua sumber memenuhi kriteria efektif yang ditinjau dari ketuntasan belajar secara klasikal, dan 3) pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori rendah dan sedang.</description><date>2021-05-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43772/1/1.%20NIM.%204161111073%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43772/2/2.%20NIM.%204161111073%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43772/3/3.%20NIM.%204161111073%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43772/4/4.%20NIM.%204161111073%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43772/5/5.%20NIM.%204161111073%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43772/6/9.%20NIM.%204161111073%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43772/7/13.%20NIM.%204161111073%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43772/8/14.%20NIM.%204161111073%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Syafridah, (2021) METASINTESIS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>43772</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Syafridah, |
title |
METASINTESIS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA |
publishDate |
2021 |
isbn |
204161111073 |
topic |
LB1025 Teaching (Principles and Practice) QA Mathematics |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/43772/1/1.%20NIM.%204161111073%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43772/2/2.%20NIM.%204161111073%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43772/3/3.%20NIM.%204161111073%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43772/4/4.%20NIM.%204161111073%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43772/5/5.%20NIM.%204161111073%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43772/6/9.%20NIM.%204161111073%20BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43772/7/13.%20NIM.%204161111073%20BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43772/8/14.%20NIM.%204161111073%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43772/ |
contents |
Penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hasil penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 2) mendeskripsikan metasintesis tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metasintesis, yang diawali dengan mengidentifikasi pertanyaan penelitian, mengembangkan protokol penelitian, menetapkan wilayah pencarian, mengumpulkan hasil penelitian yang relevan, memilih hasil penelitian yang berkualitas, mengekstraksi data dari hasil studi, melakukan sintesis data dengan menggunakan metasintesis, dan terakhir menyajikan hasil dari metasintesis yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua artikel yang dijadikan sumber memberikan hasil yang beragam. Setelah dilakukan metasintesis diperoleh hasil: 1) model pengembangan perangkat yang digunakan oleh sumber adalah model pengembangan 4-D dan model pengembangan Dick & Carey, 2) semua sumber memenuhi kriteria efektif yang ditinjau dari ketuntasan belajar secara klasikal, dan 3) pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori rendah dan sedang. |
id |
IOS3150.43772 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2023-02-26T13:59:27Z |
last_indexed |
2023-02-26T13:59:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033607790428160 |
score |
17.538404 |