Daftar Isi:
  • Tujuan dari penellitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan sumber literatur yang dianalisis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan (library research) merupakan serangkaian penelitian yang berkenaan dengan tata cara pengumpulan informasi atau riset bersumber dari literatur seperti tesis, skripsi, dan jurnal yang berkaitan dengan pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Instrumen pada penelitian ini merupakan pelaku riset itu sendiri ataupun selaku human instrument. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis Miles serta Huberman. Keabsahan data yang digunakan adalah triagulasi sumber. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.