Daftar Isi:
  • Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis android menggunakan articulate storyline pada materi bangun ruang sisi datar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan respon siswa. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 2 dosen jurusan matematika dan 6 guru matematika SMP Negeri 1 Batang Kuis. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 34 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan articulate storyline pada materi bangun ruang sisi datar memperoleh rata-rata persentase 87,25% dengan kriteria “sangat valid” oleh penilaian ahli materi dan ahli media, memperoleh rata-rata persentase 87,24% dengan kriteria “sangat praktis” oleh penilaian praktisi pembelajaran, dan memperoleh rata-rata persentase 84,28% dengan kriteria “sangat efektif” oleh penilaian siswa. Media pembelajaran juga dikatakan efektif jika dilihat dari skor hasil belajar siswa yaitu diperoleh persentase ketuntasan sebesar 100%. Dengan demikian berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan articulate storyline pada materi bangun ruang sisi datar telah teruji valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.