PENDAMPINGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL PADA GURU SD NEGERI 060911 MEDAN
Main Authors: | Siregar, Abdul Hakim, Siregar, Fajar Sidik, Winara, , Khairunnisa, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43729/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43729/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SD Negeri 060911 JL. Medan Tenggara VII, Medan Denai. Permasalahan prioritas mitra tentang 1) Pemahaman Model Pembelajaran Gerak Dasar rendah, 2) Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Permainan Olahraga Tradisional, dan 3) Teknis penerapan Model Pembelajaran Gerak Dasar Permainan Olahraga Tradisional. Maka solusi yang ditawarkan Melakukan Pelatihan dan pendampingan model pembelajaran gerak dasar permainan tradisional. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan 7 tahapan yakni mulai dari analisis profil sekolah, analisis kebutuhan guru, menggundang ahli, melaksanakan pelatihan, melukan pendampingan, teknis penerapan pada siswa dan evaluasi. Metode yang dapat digunakan dalam pengabdian ini antara lain: sosialisasi, pendampingan, simulasi, wawancara, observasi, kerjasama dan penerapan. Evaluasi pelaksanaan program pengabdian ini menggunakan observasi,wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Manfaat dari kegiatan pengabdian secara umum berkontribusi untuk memecahkan masalah guru mengenai model pembelajaran olahraga, yang mana selanjutnya guru-guru yang sudah dilatih akan menjadi penyambung lidah untuk memberikan informasi kepada guru-guru olahraga lain bagaimana cara menggunakan model gerak dasar yang dikolaborasikan dengan permainan tradisional pada mata pelajaran Penjas.