PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS ENAM ASPEK PERKEMBANGAN ANAK DI TK SALSA DESA CINTA RAKYAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN DELI SERDANG

Main Authors: Virganta, Anada Leo, Kamtini, , Novitri, Dwi Maya
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43721/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43721/
Daftar Isi:
  • Pendidikan yang bermutu memerlukan guru yang memahami kebutuhan anak usia dini untuk mencapai tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan usianya. Disamping guru yang bermutu, diperlukan pula pembelajaran yang menarik bagi anak melalui benda-benda yang hadir secara kongkrit ditengah-tengah anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan bimbingan dan pendampingan bagi guru-guru PAUD dalam penggunaan alat permainan edukatif (APE) sesuai untuk menstimulus enam aspek perkembangan anak di TK Salsa di Kecamatan Percut Sei Tuan. APE yang digunakan diberi nama Magic BABO (Balok Book). Secara khusus, tujuan pengabdian ini dibagi ke dalam dua bentuk (1) penggunaan APE Magic BABO (2) Asesmen perkembangan anak usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan dan komprehensif melalui kegiatan pendampingan berkelanjutan dan simulasi APE Magic BABO bebrbasis enam aspek perkembangan anak usia dini. Hasil pendampingan ini bersifat moril berupa peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan APE Magic BABO, peningkatan pengetehuan guru dalam menyusun asesmen berbasis enam asperk perkembangan anak, hasil yang bersifat fisik adalah adanya APE Magic BABO bebrbasis enam aspek perkembangan anak usia dini yang dapat digunakan oleh guru di dalam pelaksanaan pembelajaran.