STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan hasil penelitian enam artikel jurnal dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2016-2020) mengenai model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP sederajat). Penelitian ini adalah penelitian studi literatur terhadap kecenderungan hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-jurnal tahun 2016-2020. Saringan yang digunakan dalam pemilihan jurnal yaitu: (1) Tahun penelitian (2016-2020), (2) Model pembelajaran Think-Talk-Write, (3) Variabel Terikat (Kemampuan Komunikasi Matematik), (4) Jenjang pendidikan (Sekolah Menengah Pertama/sederajat) (5) Konteks Lokasi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan dari setiap artikel jurnal yaitu jenis penelitian dan instrumen test yang digunakan pada keenam artrikel jurnal sama yaitu quasi eksperimen (experimental research) dan tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk tes uraian dan keenam artikel jurnal menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) sebagai model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik. Untuk hasil penelitian pada keenam artikel jurnal adalah bahwa penerapan pembelajaran model Think-Talk-Write (TTW) cenderung lebih efektif/lebih tinggi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dibandingkan dengan siswa yang menerima model pembelajaran konvensional dimana dapat dilihat dari hasil Uji-T dan N-Gain setiap penelitian kelas yang diberikan penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa.