Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa sekolah menengah pertama (SMP) melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berdasarkan beberapa artikel jurnal nasional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis yaitu dengan melakukan perumusan masalah, mengumpulkan data dengan melakukan penelusuran artikel jurnal yang relevan pada sinta, menentukan besarnya nilai effect size, menganalisis artikel jurnal kemudian melakukan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Peneliti memperoleh sebanyak 12 artikel jurnal nasional yang sesuai dengan kriteria sampel penelitian yang telah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Digital Library Universitas Negeri Medan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada 8 April sampai dengan 3 Juni 2021. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu pada nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan atau kenaikan yang signifikan. Sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 71,81708 sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 82,50567. Melalui perhitungan besar pengaruh (effect size) dari keduabelas artikel jurnal diperoleh nilai effect size tertinggi sebesar 5,10458712 yang menandakan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.