Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu analisis menyajikan hasil publikasi penelitian ilmiah pada elektronik jurnal secara nasional maupun internasional yang berkaitan tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, jurnal yang dianalisis pada penelitian ini sebanyak enam jurnal (lima jurnal nasional dan satu jurnal internasional). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Secara keseluruhan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika memiliki effect size sebesar 1,3563 (Efek Tinggi). Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memberikan pengaruh yang lebih efektif dan layak digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).