PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU-GURU SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA
Main Authors: | Nasrun, , Sembiring, Masta Marselina, Ambarita, Dody F.P., Nasution, Yusra |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43694/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43694/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SD Jabal Rahmah Mulia yang terletak di Jl. Balai Desa No.16-27, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan. Masalah yang dialami mitra guru mengenai 1) Pemahaman Perangkat Pembelajaran Daring masih rendah, 2) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring, dan 3) Teknis Pelaksanaan Penggunaan Perangkat Pembelajaran Daring. Solusi yang ditawarkan: Sosialisasi dan pendampingan Perangkat Pembelajaran Daring, Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring yang lebih sederhana sehingga mudah dipahami masyarakat, dan Teknis penggunaan perangkat pembelajaran kepada beberapa aplikasi. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan 6 tahapan yakni mulai dari analisis profil sekolah, analisis kebutuhan guru, menggundang ahli, melaksanakan pelatihan, melukan pendampingan, dan evaluasi. Metode yang dapat digunakan dalam pengabdian ini antara lain: sosialisasi, pendampingan, simulasi, wawancara, observasi, dan kerjasama. Setiap metode diaplikasikan berdasarkan tujuan kegiatan yang ingin dicapai.