TINJAUAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil analisis kepustakaan penelitian-penelitian terdahulu mengenai aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan meninjau dan menganalisis pengetahuan, gagasan atau temuan yang terdapat didalam literatur sehingga memberikan informasi teoritis dan ilmiah terkait tinjauan aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan sumber data yang dianalisis diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Upaya yang dilakukan dalam mendorong peningkatan aktivitas belajar siswa memberikan hasil yang berbeda pada tiap sumber. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi karena adanya tindakan perbaikan yang dilakukan peneliti dalam sumber data yang dianalisis, yang memberikan dampak positif terhadap aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Adapun tindakan tambahan yang dilakukan peneliti pada sumber data sebelumnya untuk memperbaiki proses pembelajaran diantaranya: (1) Guru lebih memaksimalkan kerjasama kelompok dengan memberi himbauan untuk saling membantu dalam mengerjakan LKPD (2) Guru meminta untuk memberikan penilaian antar teman di dalam kelompok (3), Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran (4) Guru melakukan perubahan pada tinggal bertamu yaitu dua peserta didik bertamu ke satu kelompok yang sama. (5) Guru membimbing sepenuhnya dalam membuat kesimpulan materi.