ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
Daftar Isi:
- Kualitas pendidikan di Indonesia tergolong rendah termasuk pada mata pelajaran matematika, hal tersebut menunjukkan kemampuan pemecahan masalah sebagai salah satu kemampuan dasar dalam matematika juga rendah di kalangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik berdasarkan kajian literatur yang relevan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan data yang diperoleh dari beberapa literatur yang relevan dengan topik pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan matematika realistik. Peningkatan tersebut dilihat dari data yang dijelaskan pada jurnal dimana menyimpulkan meningkatnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dilihat dari hasil persentase yang diperoleh dari tes yang awal (sebelum menggunakan matematika realistic) dan setelah digunakan pendekatan matematika realistic. Hal ini terjadi karena adanya respon baik yang dilihat sikap kerjasama dan rasa ingin tahu siswa. Siswa juga lebih aktif dalam belajar dengan menggunakan langkah-langkah dalam memecahkan suatu masalah siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan berdasarkan delapan sumber.