METAANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan studi metaanalisis. Penelitian ini adalah penelitian metaanalisis kuantitatif jenis deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-journal nasional tahun 2017-2020. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh jurnal ilmiah yang sudah dipublikasikan berskala nasional dan internasional dengan judul artikel sejenis tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sampel penelitian ini adalah artikel tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan kriteria jenis penelitian sebagai berikut: (1) penelitian kuantitatif dan memenuhi data effect size; (2) adanya data effect size yang dibutuhkan seperti rerata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa standar deviasi; (3) diterbitkan empat tahun terakhir; (4) indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan; (5) jenjang pendidikan tingkat SMP. Hasil penelitian: (1) secara keseluruhan model pembelajaran kooperatif tipe stad mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa hasil perhitungan rata-rata keseluruhan effect size sebesar 1.83 dalam kategori besar dan standart deviasi sebesar 0.95; (2) pengaruh berdasarkan materi yang diajarkan bahwa materi SPLDV memiliki pengaruh yang besar dalam peningkatan kemampuan matematis siswa dengan effect size sebesar 2.97 tergolong dalam kategori besar, (3) besar pengaruh berdasarkan wilayah menunjukkan hasil yang positif dengan nilai effect size pada wilayah Medan adalah 2.92 dengan kategori efek besar.