Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-3 di MTs Negeri 2 Medan yang dipilih tiga siswa dengan gaya kognitif field dependent dan tiga siswa dengan gaya kognitif field independent. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin (1973). Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bhwa: (1). Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan langkah-langkah Polya dengan model STAD adalah 23,33% siswa dengan kategori sangat baik, 36,67% siswa dengan kategori baik, 30% siswa dengan kategori cukup, 6,67% siswa dengan kategori kurang, dan 3,33% siswa dengan kategori sangat kurang, (2). Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent adalah mampu dalam memahami masalah kurang mampu dalam merencanakan penyelesaian, mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian, serta kurang mampu dalam memeriksa kembali, dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field independent adalah mampu dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, serta memeriksa kembali.