ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa, (3) mengetahui kelebihan dari model pembelajaran problem based learning berdasarkan hasil temuan penelitian, (4) mengetahui kekurangan dari model pembelajaran problem based learning berdasarkan hasil temuan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur (penelitian kepustakaan). Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder berupa hasil penelitian dari jurnal ilmiah. Data tersebut dianalis dengan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran problem based learning yang diajarkan kepada siswa pada saat pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Hal ini diperoleh berdasarkan rata-rata peningkatan berada pada kategori sedang serta pencapaian kemampuan literasi matematis siswa berada pada level 3 dan level 4. Proses evaluasi dalam konten proses literasi matematis dapat didukung dengan sikap teliti dan tekun yang merupakan karakteristik habits of mind. Karakteristik habits of mind sejalan dengan tiga komponen proses yang dimiliki oleh kemampuan literasi matematis. (2) Model pembelajaran problem based learning berpengaruh sangat besar terhadap kemampuan literasi matematis siswa dengan perolehan nilai rata-rata effect size sebesar 1,34. Hal ini menunjukkan pengaruh yang diperoleh berada pada kategori sangat besar.