Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan berdasarkan BSNP (2) mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media power ponit pada materi ikatan kimia. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap tahun ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Sunggal. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kelayakan kebahasaan 96,4%, rekayasa perangkat lunak 92,9%, tampilan visual 78%, kelayakan isi 84,1%, penyajian 90%, kegrafisan 93,8%, dan kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi ikatan kimia secara keseluruhan 89 %, dengan kategori sangat layak. Selanjutnya media pembelajaran berbasis android pada materi ikatan kimia digunakan dalam prosses pembelajaran, diperoleh data yang kemudian dianalisis menggunakan uji t pihak kanan dengan thitung berada pada daerah signifikan, thitng > ttabel = 2,67 > 1,672. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan power point pada materi ikatan kimia.